Student Immersion

Kebanggaan atas prestasi yang telah diraih siswa SD Muhammadiyah 1 Krian semakin meningkat, baik dari tingkat Nasional sampai Internasional. Terbukti ketika tiga siswa SD Muhammadiyah 1 Krian berkesempatan mengikuti program student immer di Malaysia dan Thailand. Mereka adalah Sultan Alief Caesar dari kelas IV, Ahmad Latief Firdasy dari kelas IV, dan Salsabila Nasywa Caesar dari kelas V. Ketiganya berangkat Minggu lalu (9/4) untuk mengikuti berbagai kegiatan selama sepekan.

Student Immersion merupakan kegiatan pertukaran budaya dan program penguatan pendidikan karakter. Mereka berbagi pengalaman dan belajar bersama tentang karakter yang jadi unggulan. Diantaranya, gotong royong, kerjasama, toleransi, kedisiplinan, serta cinta bahasa dan budaya. “Di Malaysia, mereka akan mengunjungi Sekolah Rendah Islam Al-Amin Wangsa Melawati Kuala Lumpur. Karena itu, tiga siswa SD Muhammadiyah 1 Krian  tersebut dituntut memahami budaya Indonesia. Mulai tarian, lagu daerah, hingga permainan tradisional. Mereka bakal menampilkan budaya Indonesia, diantaranya Sultan Alief Caesar dan Salsabila Nasywa Caesar menampilkan Tapak Suci, Ahmad Latief Firdasy menampilkan hafalan surat pilihan. Terbukti tujuan utamanya adalahmemperkenalkan budaya. Nanti dikemas dengan seni dan olah raga, juga ada kompetisinya. Sewaktu mereka mengikuti kegiatan belajar – mengajar di dua Negara tersebut. Hal itu menjadi pengalaman tetrsendiri. Para siswa siswa bisa mengadopsi serta menerapkan sistem belajar yang tidak ada di Indonesia. Rangkaian kegiatan tersebut salah satunya yaitu mengadakan olimpiade semua pelajaran. Alhamdulillah Sultan Alief Caesar kelas IV mampu meraih juara 3 di tingkat Internasional.

Tiap ada kompetisi atau kesempatan belajar di luar negeri dari pihak sekolah sangat mendukung, mengusahakan betul. Sebab, dengan banyak mengenal dunia luar, mental anak juga terlatih. Mereka tahu rasanya jauh dari orang tua, rasanya harus mengatur waktu, rasanya mengenal orang baru dan budaya baru.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.